Uncategorized

Doa

Kemarin ngobrol – ngobrol sama temen masalah kapan sich waktu yg mustajab untuk berdoa ??? udah banyak kok yg bahas masalah ini,,, kalau mau browsing di Ki Google pasti banyak banget keluarnya,,, dan aku juga sudah pernah dapet kirimkan link tentang kapan waktu mustajab untuk berdoa dari temen.

Kita yg tinggal di Indonesia udah dipastikan ngga punya tempat yg mustajab untuk berdoa,,, karena tempat yg mustajab cuma ada di Mekah sanah… jadi kita Cuma mengandalkan waktu yg mustajab untuk berdoa.

Lalu,,, jadi kapan aja waktunya ??? berikut ini adalah yg aku dapet dari yang aku baca – baca diberbagai sumber dan yg aku denger dari berbagai penceramah, sbb :

  1. Di sepertiga malam ketika kita shalat tahajud
  2. Diantara adzan dan iqamah
  3. Saat sedang sudjud dalam shalat
  4. Saat sebelum salam pada shalat wajib
  5. Pada saat berbuka puasa
  6. Saat hari jumat (kalo kata Ustad Yusuf Mansyur pas ashar banyak – banyakin berdoa)
  7. Pas sahur disepertiga malam terakhir
  8. Saat hujan turun

Itu yang aku tau dan itu yg aku dapat dari berbagai sumber,,, mungkin masih ada lagi yg belum aku tau selain dari ke-8 yg sudah aku sebutkan.

Tapi dalam doa kita tetep harus yakin yaaa sama Allah,,, maksudnya harus berbaik sangka sama Allah, harus sabar jangan buru – buru bilang kalau doa kita ngga di ijabah kalau belum terkabul… mungkin ditunda waktunya atau diganti yg lebih baik sesuai mau-Nya Allah.

Kemarin pun sempet ngobrolin kenapa doa kita belum juga di ijabah sama Allah (inget yaaa belum bukannya ngga diijabah) ??? eeemmm ini juga dari berbagai sumber yang pernah aku baca dan yg pernah aku denger dari tausyah para ustad dan ustadjah… sbb :

  1. Kita masih punya dosa besar yg kita sendiri belum memohon ampunan atau melakukan pertaubatan sama Allah… inget yaaa dalam islam ngga ada yg namanya pengakuan dosa kepada sesama manusia,,, pengakuan dosa Cuma sama Allah,,, caranya yaaa dengan shalat taubat…
  2. Mungkin kita makan, minum atau menggunakan sesuatu dari hasil yg tidak halal sumbernya
  3. Ngga yakin sama Allah atau su’udzon sama Allah.
  4. Nahh ini nie yg udah pasti doanya ngga bakal dikabul,,, yaitu doa yg isinya keburukan bagi orang lain.

Tapi aku yakin dari apa yg sudah aku tulis diatas sudah banyak temen – temen yg tau,,, tapi tetep aku tulis lagi… yaaa buat pengingat aku aja, atau mungkin ada temen – temen yg masih sama – sama belajar macam akuhhh…

Terus belajar yaaa,,, karena hidup adalah belajar…

Advertisements

3 thoughts on “Doa

  1. Seneng lho bs tinggal di tempat yg masih terdengar suara azan. Rumah di Surabaya hampir ga terdengar suara azan krn masjid di dalam area kompleks ga ada. Apalagi waktu di Sydney dulu. Alhamdulillah di Jakarta ini suara azan terdengar bersahut2an. Klo nggak lalai, jd bs memanfaatkan saat mustajabahnya untuk berdoa. Thx for sharing this kind of post in your blog. Jangan ragu2 berbagi ilmu ya, Yulia 🙂

  2. insya Allah,,, walau kadang ragu untuk posting hal semacam ini,,, takut salah dan takut penilaian orang hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s