renungan · Uncategorized

Apa sih hijrah ???

c360_2016-02-09-10-02-16-091.jpg
Menyembul Gunung dari kejauhan,,, kehadirannya tidak akan pernah kalah kokoh jika dibandingkan dengan gedung-gedung pencakar langit yg hanya ciptaan manusia

Iyaaa,,, apa sih hijrah ??? belakangan ini aku sering mendengar kata ini disebut dari ucapan seseorang yg aku kenal… kata hijrah sebelum-sebelumnyapun juga sudah sering aku dengar. Sampai akhirnya hari ini aku bener-bener mencari artinya di google, tepatnya di ArtiKata.com karena saking seringnya kata itu singgah ditelingaku hingga mau ngga mau harus aku ‘cerna’,,, dan ini arti kata hijrah yg ditulis disitu :

Definisi ‘hijrah’
Indonesian to Indonesian
noun
1. perpindahan Nabi Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dr Mekah ke Medinah untuk menyelamatkan diri dsb dr tekanan kaum kafir Quraisy, Mekah; 2 v berpindah atau menyingkir untuk sementara waktu dr suatu tempat ke tempat lain yg lebih baik dng alasan tertentu (keselamatan, kebaikan, dsb);
meng·hij·rah·kan v memindahkan (tentara dr satu tempat ke tempat lain);
peng·hij·rah·an n hal menghijrahkan; pemindahan (tentara dr satu tempat ke tempat lain)

Namun kata tersebut sering dipakai ketika seseorang ingin ‘merubah’ dirinya atau sesuai arti katanya yaitu, ingin berpindah dari kebiasaan yg lama ke-kebiasaan yg baru. hijarah itu ditempelkan ketika perpindahan itu kearah yg lebih baik.

Siapa yang ngga seneng melihat orang lain mengalami perubahan yg tentunya ke arah yg lebih baik ??? aku pribadi sangat senang jika melihat perubahan yg baik. Bisa memacu aku yg masih kurang baik untuk lebih memperbaiki diri untuk semakin baik.

Namun, ketika dalam proses hijrah terselip saling membandingkan… jujur aku merasa terganggu. Kalo menurut aku sich, proses setiap orang untuk menjadi manusia lebih baik berbeda-beda,,, memakan waktu yg berbeda-beda serta dengan cara yg berbeda-beda pula.

Hal yg paling aku takutkan adalah ketika diri sudah merasa menjadi orang yg paling baik dan paling benar (ujub)… jadi melihat orang lain hanya kekurangannya saja. Padahal ngga seperti itu seharusnya… fokus pada kekurangan diri sendiri saja, bukan pada kekurangan orang lain.

Leave a Reply

