renungan

Magnet Rezeki

Setiap kamis di kantor selalu ada pengajian yang tentunya memang diadakan oleh kantor dong yaaa ūüôā hahaha pagi-pagi nulis ginian aja mbulet. Sebenernya udah banyak yang kesimpen di draft tentang ceramah hari kamis yang setelah aku denger dan pengen aku bagikan disini,,, tapi sayang kemampuan aku cuma mendengarkan hehehe,,, hebat yaaa penceramah-penceramah itu.

Tapi kali ini harus bisa, karena aku jujur baru tau tentang ilmu yang disampaikan Pak Ustad yg sering membawakan materi¬†Magnet Rezeki¬†. Namanya… eeemmm ini nie lagi-lagi kelemahan aku,,, menghapal nama :p *maafkan* kalo ngga salah namanya Ustad Nasrudin *eeeaaa maksa*… Dalam pembukaan Pak Ustad bertanya ke kita para jamaah :¬†ibu- ibu dan bapak-bapak,,, kalau punya hajat/keinginan apa yg bapak dan ibu lakukan ??? yaaa misalnya hajat ingin beli gadget, rumah, menikahkan anak, dll…

Banyak jawaban dari kami :¬†nabung, berdoa dan shalat.¬†Nah… semua jawaban ditampung oleh Pak Ustad, bagian Pak Ustad menyampaikan jawaban beliau…¬†saya kalau punya hajat, saya akan datang kemajelis ilmu seperti ini… alasannya karena, ketika kita hadir dan mengikuti majelis ilmu segala doa untuk hajat kita insaa Alloh akan diijabah Alloh… karena ada banyak malaikat yg hadir dimajelis ilmu ini… Yang akan mengaminkan doa-doa baik kita¬†Kemudian dilanjut Pak Ustad mengajak kami semua untuk berdoa… Ahhh ngga akan pernah nyesel untuk selalu hadir dipengajian, nyeselnya adalah… karena kemaren-kemaren ketika puasa, lebih memilih ke mesjid… karena setelah shalat berjamaah aku memilih bobo siang yang menggantikan waktu makan siang… remeh banget yaaa kegiatan aku kemarin-kemarin.

Terus,,, untuk pembahasan¬†magnet rezeki¬†, ada banyak yg Pak Ustad itu sampaikan… cuma ya itu,,, lemah sist sayanya untuk ngejabarin… tapi aku coba yaaa,,, maaf kalau belepotan ūüôā

Jadi dilayar monitor ada tampilan¬†Zona Taqwa dan Zona Nafsu¬†, sebenernya ini berbentuk lingkaran… tapi maafkan aku ngga bisa bikinnya, tapi ini aku tulisin semampu aku yaaa :

Zona Taqwa :

+1 Eksplorasi : belajar, membuka diri

+2 Kooperasi/sosialisasi : bekerjasaman dengan keadaan, silahturahim, memberi keuntungan

+3 Kekuatan dari dalam : pengendalian diri, menahan amarah, menahan emosi

+4 Penugasan : keridhaan atas segala keadaan dan rendah diri

+5 Generativitas : kreatifitas dan menghasilkan sesuatu

+6 Pengabdian : pengabdian, pengorbanan, tulus, tanpa pamrih dan membantu 

+7 Jiwa dunia : tawarnya hati atas dunia, khusyu, zuhud dan kerahiban

+ 8 Pencerahan : hidayah, hakikat, persaksian, pengakuan akan Alloh

Zona Nafsu :

-1 Penonjolan diri : riya dan ujub

-2 Kemarahan : marah, dengki dan dendam

-3 Serakah : cinta dunia dan interst prbadi

-4 Rasa Takut : takut mati, takut miskin, takut gagal dan takut tidak bisa bayar hutang

-5 Keresahan : galau, zalim, mengambil hak orang, khianat dan dosa

-6 Apati : putus asa, hilang gairah dan panik

-7 Rasa Bersalah : malu dan rendah diri

-8 Depersonalisasi : hilang malu, hilang akal, gila, gay dan lesbi

Kedua zona itu ada didalam sifat manusia, tinggal bagaimana kita mengelolanya… mau zona taqwa atau zona nafsu… kita yang harus membangun Kekuatan Motivasi, karena segala sesuatunya dimulai dari motivasinya, sbb :

  1. Motivasi rendah akan¬†Menghancurkan¬†(amal SALAH)–> motivasinya dunia
  2. Motivasi tinggi akan¬†Menyelamatkan¬†(amal SHOLEH) –> motivasinya akhirat

Ustadnya pun memberikan rumus aritmatika niat :

(-2)+(-2) = -4 ¬†–> Kemarahan + Kemarahan¬†menghasilkan¬†rasa takut

(-3)+(-3)= -6 –> Serakah + serakah¬†menghasilkan¬†Apati

(-2)+(+6)= +4 –> Kemarahan + Pengabdian¬†menghasilkan¬†penugasan

(-7)+(+8)= positif

(+6)+(+6) = +12 …… nabi

Dari rumus aritmatika niat¬†yang tertuliskan diatas, kita jadi tau… reaksi di zona nafsu seseorang ketika kita tanggapi dengan reaksi dengan zona yang sama atau zona nafsu… akan menghasilan zona nafsu yang lebih tinggi lagi.

Tapi kalau kita mampu menanggapi zona nafsu seseorang dengan zona taqwa yang kita pilih, akan menghasilkan hal yang menenangkan atau zona taqwa yang lebih tinggi lagi.

Pak Ustad-nya kemarin mengatakan, agar¬†rezeki¬†‘termagnet’ oleh kita,,, kita belajar untuk bisa berada di posisi¬†+6¬†alias¬†pengabdian.¬†Kepada siapa pengabdian itu kita tujukan ??? sudah jelas kepada Alloh, lalu ??? kemanusia juga dong ūüôā

Sulit yaaa ??? iyaaa banget,,, kemarin pak Ustad memberikan contoh kejadian : Ketika seorang suami ketahuan berselingkuh oleh istrinya,,, apa tanggapan sang istri… harus memilih di zona yang mana ??? -2 kah ??? yang ada malah hubungan rumah tangga mereka akan makin berantakan, coba ketika sang istri memilih zona taqwa di +6 :¬†pengabdian,¬†apa yang akan terjadi ??? ketika sang istri menyapaikan kepada suaminya kalimat seperti ini (zona taqwa +6) : Abi,,, tak apa abi berselingkuh… itu biarlah menjadi urusan abi dengan Alloh… tugas umi adalah tetap mengabdi dengan mencintai, menyayangi dan melakukan tugas istri kepada abi… *jamaah pada ketawa dan ada yg bilang ngga mungkin*¬†

Kata pak Ustad laki-laki jika diperlakukan demikian,,, kemungkinan besar (insaa Alloh)… istrinya akan makin terlihat cantik, dan wanita selingkuhannya akan terlihat buruk daaaannn insaa Alloh rumah tangga mereka akan baik-baik aja.

Hahahaha emang sulit yaaa¬†pengabdian¬†itu… karena ngga akan menutup kemungkinan kalau kita akan dimanfaatkan oleh orang lain, tapi memang begitulah agar rezeki mudah datang kekita dan dunia akan menjadi damai…

Kata Pak Ustad, sulit ngga melakukannya ??? dan udah pasti kami akan menjawab sulit… tapi kata Pak Ustad,,, lebih sulit mana kalo rezeki ngga datang kekita ??? hehehehe.

Dan terakhir Pak Ustad mengingatkan kita untuk lebih¬†berfokus pada diri sendiri saja¬†jangan sibuk menilai,,, waaahhh orang itu masuk zona mana yaaa ??? hahahaha iyaaa iyaaa,,, itulah biasa yg terjadi… mencari-cari kesalahan orang lain.

Akhirnya materi¬†magnet rezeki¬†selesai di pertemuan ke-8 kemarin ūüôā

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s