renungan

Kebetulan

Kebetulan, seberapa sering kata itu terucap ??? aku ??? dulu masih sering aku gunakan kata kebetulan itu, misal : kebetulan hari ini aku libur, kebetulan kita ketemu yaaa ???, kebetulan lagi makan… bla bla… , kebetulan tadi aku udah tidur, dst nya…

Tapi kok sekarang udah aku hindari kata itu terucap dari bibir memble ku, karena setelah mendapat pemahaman bahwa apa yang terjadi di dunia ini adalah atas kendali Alloh Swt dan apa yang terjadi tidak akan pernah sia-sia.

Alloh Swt. berfirman, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, maka peliharalah Kami dari siksa neraka.” (QS. Ali ‘Imran [3] : 191)

Termasuk ketika hal buruk terjadi, misal : kebetulan tadi aku jalan ngga terlalu liat jalan, jadi dech kesandung karena ngga liat ada batu disitu…  Yakin aja bahwa setiap kejadian di alam ini ada dalam kekuasaan dan pengetahuan Alloh Swt. Kejadian seperti itu bukan kebetulan. Ngga akan terjadi kalo Alloh Swt ngga mengizinkan. Lalu mengapa terjadi pada kita ??? Di sinilah ujian bagi kita,,, apakah akan menanggapinya dengan mengutuk keadaan, ataukah segera beristighfar mengintrospeksi diri. Bisa jadi ini pengingat dari Alloh Swt., siapa tahu kaki kita sangat jarang melangkah ke masjid untuk sholat berjamaah.

Bahkan sampai lalat,,, serangga kecil yang seringkali berada di tempat kotor, mungkin sering kali kita anggap remeh tak berarti kehadirannya sambil lalu saja,,, seringkali luput dari tafakur kita. Padahal,,, secara ilmiah terbukti bahwa setiap lalat hinggap di satu titik tempat,,, maka akan ada perubahan zat kimia di tempat itu yang disebabkan enzim yang di bawa lalat itu. Dan, hal ini sudah dijelaskan oleh Alloh Swt,

“..Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tidaklah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu..” (QS. Al Hajj [22] : 73).

Advertisements

2 thoughts on “Kebetulan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s