Uncategorized

Riwayat puasa ‘Asyuro (10 Muharram)

mau share apa yg aku dapet dari pengajian rutin mingguan yg dibawakan oleh Ust. Rizal Lubis. tentang Riwayat Puasa ‘Asyuro yaitu puasa yg dilaksanakan pada 10 Muharram.

sekitar tahun ke sembilan Hijrahnya Rasulullah S.a.w menetap di kota Madinah beliau melihat kebiasaan orang orang Yahudi selalu berpuasa pada tanggal 10 Muharram atau puasa Asyuro, maka Nabi kitapun bertanya kepada orang orang Yahudi tentang puasa yg mereka lakukan itu, maka orang orang Yahudi pun menjawab bahwa puasa yg mereka lakukan adalah :’puasa dalam rangka menyambut hari kemenangan Nabi Musa dan Bani Israil dari musuh mereka yaitu Fir’aun. baca kisahnya di Al-quran surat Thoha (20) ayat 77-78 & surat Asy-Syu’aro (26) ayat 63-68 & surat Yunus (10) ayat 90-93 

mendengarkan jawaban orang orang Yahudi tersebut, maka Nabi kitapun berpuasa, sebagaimana uraian hadis berikut (langsung artinya yaaa… ngga bisa ketik tulisan arabnya hehehe)

Nabi S.a.w. datang kemadinah dan dilihatnya orang orang Yahudi berpuasa pada hari’Asyuro, lalu Nabi bertanya: ada apa ini?. mereka menjawab : Hari baik. Alloh telah membebaskan Nabi Musa dan Bani Israil dari musuh mereka (Fir’aun), dan Nabi Musapun puasa karenanya. Nabi S.a.w. bersabda : Saya lebih berhak kepada Musa daripada kamu, lalu Nabipun puasa pada hari itu, dan menyuruh (umatnya) berpuasa. diambil dari Hadist Riwayat Bukhori dan Muslim.

ketika Rasulullah S.a.w mempuasakan tanggal 10 Muharram sebagai hari kemenangan orang orang Yahudi atas Fir’aun, maka salah seorang sahabat bertanya kepada Nabi S.a.w : Ya Rosulullah sesungguhnya hari ini adalah hari yg dibesarkan oleh orang orang Yahudi dan Nasrani, kenapa engkau mempuasakannya ?… maka Nabis menjawab : seandainya saya masih ada (masih hidup) tahun depan, maka saya akan berpuasa pada hari kesebilan, yakni bersama hari ‘Asyuro … maksudnya untuk membedakan puasanya orang orang Yahudi.

dan apa yg disebutkan atas, diperkuat oleh hadist yg diterima dari Ibnu Abbas r.a. katanya :

tatkala Rasulullah S.a.w berpuasa pada hari ‘Asyuro dan memerintahkan para sahabat untuk mempuasakannya, para sahabat berkata : Ya Rasulullah, sesungguhnya ini hari yg dibesarkan oleh orang orang Yahudi dan Nasrani, maka Rasulullah S.a.w menjawab. jika datang tahun depan (sampai umur tahun depan), insya Alloh kita akan berpuasa pada hari kesembilan. (Ibnu Abbas) berkata : belum lagi sampai tahun depan, maka Rasulullah S.a.w pun wafat (H.R. Muslim dan Abu Daud)

pada satu riwayat kalimat berbunyi : maka ujar Nabi : seandainya saya masih ada (hidup) tahun depan, maka saya akan berpuasa pada hari kesembilan. Yakni bersama hari ‘Asyuro (riwayat Ahmad dan Muslim) jadi seandainya Rasululloh masih hidup beliau akan berpuasa pada tgl 9 dan 10 Muharram.

KEUTAMAAN PUASA ‘ASYURO atau 10 MUHARRAM itu DIANTARANYA ialah :

1. puasa ‘Asyuro atau 10 Muharram itu puasa yg paling afdol setelah Ramadhan. terdapat pada hadist berikut :

diterima dari Abu Hurairoh katanya : Rasululloh S.a.w ditanya orang :

shalat manakah yg lebih utama setelah shalat fardhu?Nabi menjawab : shalat ditengah malam tahajud. (Nabi) ditanya lagi : puasa apakah yg lebih afdhol setelah puasa Ramadhan ?. Nabi menjawab : puasa pada bulan Alloh yg kamu namakan dengan bulan Muharrom. (H.R Ahmad, Muslim dan Abu Daud) jadi setelah puasa wajib dibulan Ramadhan, puasa ‘Asyuro lebih utama dibanding puasa sunah lainnya, seperti puasa syawal atau puasa Arofah.

 

  1. puasa ‘Asyuro atau 10 Muharram itu akan dapat menghapuskan dosa 1 tahun yg telah lalu.

dari Abi Kotadah Al-Anshori r.a :

bahwa Rasulullah S.a.w ditanya tentang hal puasa ‘Arofah ; Beliau mejawab: puasa ‘Arofah itu menghapuskan dosa tahun yg lalu dan tahun yg akan datang dan Beliau ditanya temtang puasa ‘Asyuro. Beliau mejawab; puasa ‘Asyuro menghapuskan dosa satu tahun yg lalu. dan Beliau ditanya lagi tentang puasa hari senin. Beliau menjawab; hari senin itu aku dilahirkan, dan hari itu aku diangkat mejadi Rasul dan juga hari itu diturunkan kepada wahyu (H.R. Muslim) itu dia mengapa baik untuk puasa dihari senin, karena ketiga hal itu, yaitu : hari senin itu aku dilahirkan, dan hari itu aku diangkat mejadi Rasul dan juga hari itu diturunkan kepada wahyu dan untuk puasa hari kamis, karena kamis adalah malam jumat adalah dimana hari para malaikat yg selalu mencatat amal kebaikan kita, melaporkan catatan amal ibadah kita, dan Rasululloh tidak mau ketika hari pelaporan catatan amalnya tanpa Ia melakukan puasa… soooo kalau kondisi kita memungkinkan, baiknya berpuasalah hari senin dan kamis yaaa 🙂

3. bagi seseorang yg makan dipagi hari pada tgl 10 Muharram, karena ketidak tahuannya beberapa waktu kemudian ia sadar bahwa itu 10 Muharrom, maka hendaklah ia menhan atau puasa sampai malam harinya, ini haditsnya :

telah memberitahukan kepada kami, Qutaibah bin Sa’id, menceritakan kepada kami Hatim yakni anak Ismail, dari Yazid bin Abi Ubaid dari salamah bin A’wa’ r.a bahwa ia berkata : Rasululloh S.a.w telah mengutus seorang laki laki dari Aslam pada hari ‘Asyuro; Beliau memerintahkan kepada (laki laki) itu agar mengumumkan kepada manusia: “Barangsiapa yg belumberpuasa (belum makan sesuatu sebelum subuh), maka hendaklah ia berpuasa. dan barangsiapa yg telah makan, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya sampai malam (H.R. Muslim) Beliau memerintahkan kepada (laki laki) itu agar mengumumkan kepada manusia, jadi sengaja aku post, karena ingin berbagi sama temen temen semua.

dari hadist bagian ke 3 ini bisa kita pahami bahwa : barangsiapa yg telah bernia puasa, maka hendaklah diteruskan puasanya itu, dan bagi orang yg tidak berniat puasa, baik sudah makan ataupun belum, maka hendaklah ia menahan diri untuk tidak makan dan minum sampai malam, untuk menjaga kehormatan hari itu.

4. puasa 10 Muharram adalah puasa yg dilakukan oleh orang orang Quraisy. semenjak zaman jahiliyah dan Nabi kita Muhammad S.a.w pun ikut berpuasa ‘Asyuro dan ketika puasa Ramadhan diwajibkan kepada Nabi Muhammad S.a.w dan Umatnya, maka beliau berikan kebebasan kepada umatnya untuk berpuasa Muharram itu, ini hadistnya :

adalah orang orang kuraisy pada masa jahiliyah berpuasa pada hari ‘Asyuro dan Rasulullah S.a.w pun berpuasa juga, maka setelah beliau hijrah ke madinah beliau tetap berpuasa, dan memerintahkan (kepada para sahabat) untuk berpuasa. maka setelah diwajibkan puasa bulan Ramadhan, maka Rasulullah S.a.w. bersabda: Barangsiapa yg ingin berpuasa (‘Asyuro), maka hendaklah ia berpuasa dan barang siapa yg tidak ingin berpuasa maka ia boleh meninggalkannya (H.R. Muslim) jadi hukum puasa ‘Asyuro ini adalah sunnah muakkad

dalam kitab syarah shoheh Muslim ada 15 hadist yg menjelaskan tentang puasa ‘Asyuro yg dilakukan Nabi pada zaman Jahiliyah, demikian pula halnya dengan orang orang Quraisy, dari sini dapat kita pahami bahwa puasa yg tertua yg dilakukan oleh Nabi S.a.w. dan setelah Rasululloh S.a.w hijrah ke Madinah, dan Alloh pun menurunkan ayat kepada Beliau tentang wajibnya Puasa Ramadhan, (Q.S 2/183), maka semenjak itu puasa ‘Asyuro diberikan kebebasan kepada umatnya, yakni : yg suka berpuasa silahkan… dan bagi yg tidak suka juga silahkan… Wallohu’Aklam…

para Ulama menyebutkan bahwa puasa ‘Asyuro atau 10 Muharram itu ada 3 tingkatan :

  1. tanggal 9,10 dan 11 Muharram ini yg dianjurkan para Ulama
  2. tanggal 9 dan 10 Muharram ini yg sebenarnya Rasululloh ingin lakukan ditahun selanjutnya, karena untuk membedakan yg dilakukan oleh para orang orang Yahudi, namun ditahun berikutnya Rasululloh wafat.
  3. tanggal 10 Muharram saja ini yg sudah diamalkan oleh Rasululloh

jadi bebas, silahkan temen temen mau mengamalkan yg mana… 🙂 dan untuk 10 Muharram jatuh pada 11 Oktober 2016 kalender masehi.

*** aku ngga menerima pertanyaan atau komplain yaaa,,, karena keterbatasan ilmu… jadi ini hanya aku sharing sesuai apa yg aku dapatkan dari pengajian tadi yg disampaikan oleh Ustad Mohd Rizal Lubis.

Wallohu’alam bish-showab… semoga bermanfaat,,, aamiin 🙂

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Riwayat puasa ‘Asyuro (10 Muharram)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s