Uncategorized

ujian

jadi tadi abis nge-youtube dengerin ceramah,,, ceramahnya sendiri tentang “sisa usia” tapi sekarang aku ngga mau bahas tentang itu… tapi justru aku mau bahas sesuatu yg ditanyakan oleh jamaah yg saat itu hadir.

pertanyaannya adalah, dulu dia itu seorang pendosa (sama seperti aku) dan kini sudah berhijrah (alhamdulillah semoga istiqomah) namun semakin dia ingin memperbaiki diri, justru semakin banyak ujian yg dia rasa dan menurut dia ujiannya justru lebih berat ketimbang dulu sebelum dia berhijrah, yg jadi pertanyaan orang itu… bagaimana caranya menyikapi ujian tersebut dan doa apakah agar dia tidak terus diuji (ustadnya langsung senyum).

hehe jujur hal ini pernah aku pertanyakan, ada dipostingan aku tapi lupa postingan kapan dan yg judulnya apa… tapi aku inget aku pernah ada diposisi sipenanya itu. tapi sekarang alhamdulillah udah ngga mempertanyakan hal seperti itu lagi.

ustadnya langsung menyuruh sipenanya membuka Surat Al Ankabut Ayat 1-7

Terjemah Surat Al Ankabut Ayat 1-7

1. Alif laam miim.

2. [1]Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan hanya dengan mengatakan, “Kami telah beriman,” dan mereka tidak diuji[2]?

3. Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.

4. Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan[3] itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) kami[4]? Sangatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu[5]!

5. [6]Barang siapa mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah pasti datang[7]. Dan Dia Yang Maha Mendengar[8] lagi Maha Mengetahui[9].

6. Dan barang siapa berjihad[10], maka sesungguhnya jihadnya itu untuk dirinya sendiri[11]. Sungguh, Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam[12].

7. [13]Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya[14] dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan[15].

– See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/03/tafsir-al-ankabut-ayat-1-13.html#sthash.D7ue8t3C.dpuf

jadi intinya memang ujian itu ada untuk mengetahui siapa yg bersungguh sungguh dan siapa yg berdusta dijalan Alloh,

ujian itu juga yg akan meningkatkan drajat kita, yg harus kita lakukan bukan untuk dihindarkan dari ujian, karena setiap yg hidup pasti diuji… kalo mau minta ngga diuji, ya doa minta mati aja (gitu kata ustadnya) karena hanya orang yg matilah yg ngga diuji (hehe), tapi justru kita minta agar diberikan kekuatan dan ketawakalan dalam menghadapi ujian dan semoga diistiqomahkan dijalan Alloh walaupun ujian terus datang.

terus belajar, mencari ilmu Alloh… dipahami dan diamalkan, baca Al-quran karena setiap pertanyaan (ku) dalam setiap persoalan ada didalamnya…

semoga kita semua selalu Alloh berikan ketaqwaan, ketawakalan dan tetap istiqomah dijalan Alloh, amiin.

Advertisements

16 thoughts on “ujian

  1. kamu emang bukan publikk lagi,,, kalo di WA baru dech aku akan jawab yg ngga ada manis”nya ahahaha,,, kan kalo ada yg baca komen komenan kita yg ancor, dari yg mau ngelamar ntar ngga jadi,,, 11 januari batal dech … ahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s