Uncategorized

sumbu pendek – siapa yg menyampaikan

aku tuch termasuk orang yg ‘sumbunya pendek’ alias gampang banget marah, penyebabnya yaaa karena gampang banget buruk sangka sama suatu hal. pokoknya kalo sesuatu hal ngga terjadi sesuai mau aku, dengan gampang aku nyimpulin dengan pikiran yg buruk.

ntar udahannya nyesel sendiri, apalagi kalo kekesalannya udah dilampiasin ke orang lain… huh, emang hati tuch orang terbuat dari apa yg bakalan gampang legowo memaafkan kekhilafan sampean (alasan khilaf).

semua itu karena keimanan aku gampang turunnya ketimbang naiknya, aku udah tau… biasanya karena aku ‘menjauh’ bukan malah ‘mendekat’ padaNYA. tapi akunya yg suka bebal sama sinyal sinyal yg udah dikasih. biasanya dengan dengerin kajian kajian, yg paling sering sich videonya Aa Gym, yg selalu bikin nyesss hati… tapi bukannya aku lakuin, tapi malah dengerin atau liat liat vlog vlog orang,,, yg untungnya apa coba ?

hidayah itu dijemput bukan ditunggu, gitu kan yaaa ? trus,,, yaaa sebenernya untuk dapet ilmu ilmu yg bisa bikin hati jadi lebih baik, seharusnya dipaksain, bukan kalo sempet. padahal mah waktu selalu ada, jadi bukan perkara sempet… tapi mau apa ngga.

terus, ini beda lagi sama yg dibahas diatas… masalah ilmu itu keluar dari mulut siapa , dikantor aku, alhamdulillah setiap hari kamis selalu ada pengajian. itu memudahkan banget bagi kami kami (aku sendiri sebenernya) yg susah dateng ke majelis majelis ilmu. ustad dan ustazahnya ganti ganti setiap minggunya.

beda orang, beda cara menyampaikannya… ada yg selera humornya sama dengan kita kita, ada juga yg serius banget kalo menyampaikan materi. tapi aku inget banget sama omongan salah satu ustazah yg dateng ; sebelum dateng ke majelis ilmu, baiknya berdoa dulu… agar kita dimampukan Alloh untuk dapat dengan mudah memahami ilmu baik yg disampaikan. tanpa perduli siapa yg menyampaikan.

karena memang iya, ada beberapa temen ku mau dateng kalo yg menyampaikan ustad atau ustazah tertentu, karena kalau yg bukan di sukai dia ngga bisa paham sama materi yg disampaikan. sebenernya, dari koruptor aja kita bisa ambil pelajaran kok, atau dari anak kecil, kita pun bisa belajar dari mereka… asal hati kita dibuka untuk mau menerima ilmu yg masuk. bukan siapa yg menyampaikan tapi apa yg disampaikan itu yg terpenting buat aku.

sempet sedih sama ucapan salah satu temen, yg padahal sama sama muslim ; itu Aa Gym dapet moment banget ya dari kejadian 411 dan 212, buat naikin pamornya lagi. astaghfirullah.

aku ngga pernah peduli mau Aa Gym poligami atau ngga… bukan karena aku orang yg setuju dengan poligami atau ngga, menurut aku sich poligami urusan pribadi beliau yaaa. dan beliau sendiri yg akan mempertanggungjawabkan kelak. yg terpenting buat aku ilmu tauhid yg beliau sampaikan, selalu bisa menaikan iman, kecintaan aku pada Alloh. udah itu aja, urusan pribadi beliau sich bukan urusan aku.

jadi intinya dari postingan ini,,, belajar terus jangan sampai kecolongan sama syetan yg lebih dulu memasuki hati dan lebih peka, agar dalam setiap hal yg terjadi bisa diambil hikmah atau ilmu baiknya, jadi ngga buruk sangka terus. dan satu hal lagi, belajar dari mana aja, dari anak kecil yg baru belajar jalan aja kita bisa ambil ilmu pantang menyerahnya, gimana coba kalo anak kecil yg lagi belajar jalan punya jiwa patah semangat… uhhh belajar jalan itu sakit, baru selangkah udah jatoh… yg ada kita kita ngga ada yg bisa jalan (Alloh hebat yaaa)… belajar terus yul, biar iman mu ngga melemah !!!!

8 thoughts on “sumbu pendek – siapa yg menyampaikan

  1. Muanteb hati yang bening, sejuk penuh kasih sayang pada sesama dan pikiran (akal) yang jernih, bening juga ya….dan sumbu pendek sedang saya nikmati yaitu singkong rebus yg dipotong-potong pendek kata orang betawie tempo dulu dinamakan “roti sumbu” salam

Leave a Reply

